Rabu, 03 April 2013

Mengenal Perosesor Intel dan AMD




Intel Corporation adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di AS dan terkenal dengan rancangan dan produksi mikroprosesor dan mengkhususkan dalam sirkuit terpadu. Intel juga membuat kartu jaringan, chipset papan induk, komponen, dan alat lainnya. Intel memiliki projek riset yang maju dalam seluruh aspek produksi semikonduktor, termasuk MEMS. Intel mengganti logo dan slogannya pada 1 Januari 2006. Slogan lamanya “Intel inside” diganti dengan “Intel Leap ahead”.
Beberapa produk prosesor Intel yang ada sampai sekarang ini yaitu :
1. Intel® Pentium®4
2. Intel® Pentium® Dual-Core
3. Intel® Core™2 Duo
4. Intel® Core™2 Quad
5. Intel® Core™2 Extrme
6. Intel® Core™ i7

AMD (Advanced Micro Devices) adalah sebuah perusahaan pembuat sirkuit terpadu, prosesor atau IC (integrated circuit) yang bermarkas di Sunnyvale, California, Amerika. Pabrik pertama berada di Austin, Texas, Amerika dan pabrik kedua berada di Dresden, Jerman yang ditetapkan untuk memproduksi Athlon saja. Bila semuanya berjalan lancar, mimpi harga sistim PC akan dapat lebih murah bisa terwujud karena tidak lagi di monopoli oleh Intel. Pada tahun 2006 juga, AMD telah berhasil mengakuisisi perusahaan Grafis terkenal asal Amerika yaitu ATI Tecnology. Perusahaan ini adalah penyedia prosesor x86-compatible processors terbesar kedua.
AMD juga sudah dikenal oleh dunia, beberapa produknya yaitu :
1. AMD Sempron™
2. AMD Athlon™ FX
3. AMD Athlon™ 64
4. AMD Athlon™ X2
5. AMD Athlon™ X3
6. AMD Athlon™ X4


Intel dan AMD merupakan perusahaan multinasional yang sama-sama bermarkas di Amerika Serikat. Kedua prosesor tersebut menawarkan tiga kualitas yang sama yaitu high end, pertengahan dan dasar. Lalu apa yang berbeda? Nah, berikut ini adalah rincian dari perbedaan antara prosesor Intel dengan AMD.
  • Set Intruksi :
    Intel      : Standar
    AMD   : Lebih lengkap dibandingkan Intel
  • Banyaknya Transistor :
    Intel      : 100 Miliar
    AMD   : 105 Miliar
  • Banyaknya Decoder, Integer, dan FP:
     Intel      : Standar
    AMD   : Lebih lengkap dibandingkan Intel
  • Pengolahan Komunikasi aplikasi:
    Intel      : Kalah
    AMD   : Unggul
  • Kecepatan Kerja:
    Intel      : Lebih cepat dibandingkan AMD
    AMD   : Lebih lambat dibandingkan Intel
  • Untuk Permainan dan Multimaedia:
    Intel       : Tidak lebih baik dibandingkan AMD (Tak baik digunakan untuk bermain game)
    AMD    : Lebih baik karena lebih cepat clocking

  • Harga:
    Inter       : Mahal dibandingkan AMD
    AMD     : Lebih murah dibandingkan Intel

Sekarang tinggal Anda sendiri yang memilih mau AMD atau Intel. Kalau boleh saya berikan masukan AMD lebih baik dibandingkan dengan Intel dari segi efesiensi AMD lebih baik, dari segi teknologi yang tak jauh dari Intel dan tentunya dari segi ekonomi lebih murah dibandingkan dengan Intel. Anda tak usah takut untuk menggunakan AMD, karena banyak orang yang sudah menggunakan AMD. Jadi, Anda bisa share jika terjadi permasalahan.

Itulah perbedaan antara prosesor Intel dengan AMD. Saya harap artikel ini yang bisa bermanfaat. Jika ada kesalahan perincian atau kata-kata mohon diperbaiki karena saya adalah manusia biasa yang selalu melakukan kesalahan-kesalahan.

Sumber : www.intel.co.id
               www.amd.co.id

Ihsan Sulistio Hananto
53409543
4IA07

Tidak ada komentar:

Posting Komentar